Tingkatkan mutu pembelajaran, LPM laporkan hasil evaluasi PBM

Tingkatkan mutu pembelajaran, LPM laporkan hasil evaluasi PBM

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) melaksanakan diseminasi hasil laporan kegiatan monitoring dan evaluasi Proses Belajar Mengajar (PBM) Semester Genap TA. 2020/2021, di ruang seminar gedung Pascasarjana, pada Rabu (29/12/2021).

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Proses Belajar Mengajar (PBM) yang dihadiri oleh Rektor Unisnu Jepara, Wakil Rektor, Dekan dan Direktur, Ketua Program Studi, Kepala UPT PDPSI, dan Kepala Tata Usaha Fakultas di lingkungan Unisnu Jepara ini merupakan salah satu upaya penjaminan mutu dalam bidang pendidikan yang dilaksanakan secara rutin oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Unisnu Jepara setiap semester. Monev PBM mengevaluasi 4 (empat) aspek, diantaranya: 1) Aspek Kehadiran Dosen, 2) Aspek Nilai Mahasiswa, 3) Aspek Kepuasan Mahasiswa dan 4) Aspek Pembelajaran Daring. Monev PBM Semester Genap TA. 2020/2021 dilaksanakan menggunakan metode survei dengan memanfaatkan Sistem Akademik (SIAKAD) mulai bulan Agustus sampai dengan bulan September Tahun 2021 atau pada akhir semester genap hingga penutupan pengisian KRS semester gasal berikutnya. Selain menggunakan metode survei, pengumpulan data juga dilakukan dengan mengunduh data mentah dari SIAKAD terkait aspek kehadiran dosen  dan aspek nilai mahasiswa. Data-data yang diperoleh kemudian diolah, dianalisis, disusun dalam bentuk laporan dan didiseminasikan kepada pimpinan dan pihak yang berkepentingan untuk ditindaklanjuti serta dilakukan peningkatan.

Rektor Unisnu Jepara, Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. mengucapkan terimakasih kepada LPM Unisnu Jepara yang telah melaksanakan dan mengawal penjaminan mutu di bidang pembelajaran secara terstruktur dan berkala setiap semester “ucapan terimakasih kepada LPM yang telah melaksanakan diseminasi hasil monev PBM, meskipun ini kegiatan yang biasa dan rutin tetapi ini kegiatan sudah tersturktur untuk mengevaluasi pelaksaanaan kurikulum, untuk menemukan masalah dalam proses pembelajaran, analisis masalah dan mencari solusi” ujar beliau.

Senada dengan Rektor Unisnu Jepara, Kepala LPM Yanto, S.E., M.Si. dalam kalimat pembuka materi diseminasi menyampaikan terimakasih kepada tamu undangan yang sudah hadir dari unsur Dekan/Direktur, Ketua Program Studi, Kepala UPT PDPSI, dan Kepala Tata Usaha Fakultas “terimakasih kepada tamu undangan yang sudah bersama-sama membuktikan untuk mengawal penjaminan mutu bidang pendidikan dalam bentuk menghadiri acara diseminasi PBM genap TA. 2020/2021, semoga hasil reekomendasi-rekomendasi nanti dapat ditindaklanjuti” ujarnya. Diakhir acara Kepala LPM menghimbau kepada semua unsur pimpinan terutama kepada Dekan/Direktur yang hadir untuk menindaklanjuti hasil evaluasi PBM melalui Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dan ditindaklanjuti dalam Rencana Tindak Lanjut (RTL) dilingkup fakultas. 

Diseminasi hasil Monev PBM tentunya membuahkan hasil berupa rekomendasi-rekomendasi terkait aspek yang dievaluasi terutama pada sesi diskusi yang lebih banyak membahas tentang efektifitas pemanfaatan sistem LMS oleh dosen yang masih rendah, sehingga harapan besar memang rekomendasi-rekomendasi tersebut dijadikan bahan perbaikan dan peningkatan oleh semua pihak terkait mulai dari pimpinan universitas, pimpinan lembaga, pimpinan fakultas sampai pimpinan program studi sebagai bentuk efektifitas pelaksanaan siklus SPMI yaitu PPEPP. Dapat dikatakan efektif ketika sebuah evaluasi  dilanjutkan dengan Pengendalian terhadap hal-hal apa yang kurang dan perlu dikendalikan kemudian dilakukan Peningkatan yang menunjukkan Continuous Improvement menuju Unisnu Jepara unggul.

DOWNLOAD MATERI DISEMINASI MONEV PBM GENAP TA. 2020/2021



Admin LPM

Komentar