Nilai Mahasiswa Naik pada Monev PBM Genap 2016/2017

Nilai Mahasiswa Naik pada Monev PBM Genap 2016/2017

Monitoring dan evaluasi proses pembelajaran oleh dosen yang ada di lingkungan UNISNU Jepara untuk periode Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017 telah dilaksanakan akhir Bulan Agustus 2017. Tujuan dari evaluasi proses pembelajaran dosen ini salah satunya untuk menjaga keberlangsungan implementasi sistem mutu di UNISNU Jepara terutama dalam hal presensi/kehadiran dosen, nilai, kinerja dosen, dan untuk melihat tingkat pemahaman dan pelaksanaan kurikulum. Indikator penilaian evaluasi pembelajaran dosen dilingkungan Universitas Islan Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara diukur dari 3 bagian yaitu absensi, nilai dan proses belajar mengajar. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan adalah melihat apakah kinerja dosen sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional. Dosen dituntut memiliki 4 kompetensi yaitu pedagogik, profesional, kepribadian dan social.  

Hasil Pengukuran

Presensi

Sebagian besar fakultas mengalami penurunan presensi dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Presensi kehadiran dosen dengan persentase tertinggi diraih Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan 93,19% kehadiran. Persentase terendah Fakultas Sains dan Teknologi dengan 68,38%.

Evaluasi Nilai

Rata-rata fakultas mengalami peningkatan nilai akademik mahasiswa dibandingkan tahun sebelumnya. Perolehan nilai tertinggi adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan rata-rata nilai mahasiswa 3,38. Perolehan rata-rata nilai terendah adalah Fakultas Syariah dan Hukum dan Fakultas Sains dan Teknologi dengan nilai 3,20.

Evaluasi Proses Belajar Mengajar

Penilaian atas kinerja dosen dalam mengampu kegiatan PBM rata-rata meningkat dari tahun sebelumnya. Rata-rata penilaian dosen secara keseluruhan adalah 4,02 dari rentang 0-5 atau predikat Baik/Tinggi/Sering. Penilaian rata-rata kinerja dosen tertinggi adalah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan nilai 4,22. Penilaian terendah Fakultas Sains dan Teknologi dengan nilai 3,93.

Evaluasi

  1. Persiapan dosen dalam mengajar;
  2. Efektifitas dosen memanfaatkan waktu;
  3. Materi tidak dijelaskan secara detail;
  4. Inovasi dalam metode/model pembelajaran;
  5. Komunikasi antara dosen dengan mahasiswa;
  6. Dosen dalam menyampaikan materi kadang tidak sesuai dengan materi yang ada;
  7. Infrastruktur yang berkenaan dengan alat pengeras suara;
  8. Bahan Pustaka yang ada di perpustakaan tidak memadai pembelajaran
Silakan kunjungi laman untuk mengunduh hasil evaluasi proses belajar mengajar : https://lpjm.unisnu.ac.id/evaluasi-pbm-unisnu-jepara/  Monitoring dan evaluasi proses pembelajaran oleh dosen yang ada di lingkungan UNISNU Jepara untuk periode Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017 telah dilaksanakan akhir Bulan Agustus 2017. Tujuan dari evaluasi proses pembelajaran dosen ini salah satunya untuk menjaga keberlangsungan implementasi sistem mutu di UNISNU Jepara terutama dalam hal presensi/kehadiran dosen, nilai, kinerja dosen, dan untuk melihat tingkat pemahaman dan pelaksanaan kurikulum. Indikator penilaian evaluasi pembelajaran dosen dilingkungan Universitas Islan Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara diukur dari 3 bagian yaitu absensi, nilai dan proses belajar mengajar. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan adalah melihat apakah kinerja dosen sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional. Dosen dituntut memiliki 4 kompetensi yaitu pedagogik, profesional, kepribadian dan social.  

Hasil Pengukuran

Presensi

Sebagian besar fakultas mengalami penurunan presensi dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Presensi kehadiran dosen dengan persentase tertinggi diraih Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan 93,19% kehadiran. Persentase terendah Fakultas Sains dan Teknologi dengan 68,38%.

Evaluasi Nilai

Rata-rata fakultas mengalami peningkatan nilai akademik mahasiswa dibandingkan tahun sebelumnya. Perolehan nilai tertinggi adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan rata-rata nilai mahasiswa 3,38. Perolehan rata-rata nilai terendah adalah Fakultas Syariah dan Hukum dan Fakultas Sains dan Teknologi dengan nilai 3,20.

Evaluasi Proses Belajar Mengajar

Penilaian atas kinerja dosen dalam mengampu kegiatan PBM rata-rata meningkat dari tahun sebelumnya. Rata-rata penilaian dosen secara keseluruhan adalah 4,02 dari rentang 0-5 atau predikat Baik/Tinggi/Sering. Penilaian rata-rata kinerja dosen tertinggi adalah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan nilai 4,22. Penilaian terendah Fakultas Sains dan Teknologi dengan nilai 3,93.

Evaluasi

  1. Persiapan dosen dalam mengajar;
  2. Efektifitas dosen memanfaatkan waktu;
  3. Materi tidak dijelaskan secara detail;
  4. Inovasi dalam metode/model pembelajaran;
  5. Komunikasi antara dosen dengan mahasiswa;
  6. Dosen dalam menyampaikan materi kadang tidak sesuai dengan materi yang ada;
  7. Infrastruktur yang berkenaan dengan alat pengeras suara;
  8. Bahan Pustaka yang ada di perpustakaan tidak memadai pembelajaran
Silakan kunjungi laman untuk mengunduh hasil evaluasi proses belajar mengajar : https://lpjm.unisnu.ac.id/evaluasi-pbm-unisnu-jepara/

Komentar



Berita Terkait