LPM Lakukan Diseminasi Monev PBM dan Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Institusi

LPM Lakukan Diseminasi Monev PBM dan Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Institusi

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UNISNU Jepara menyelenggarakan diseminasi tentang Hasil Evaluasi Proses Belajar Mengajar (PBM) Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017 dan Monev Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Institusi. Kegiatan ini diadakan di Ruang Seminar Fakultas Sains dan Teknologi pada 21 Desember 2017. Diseminasi secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor I,  Akhirin.  Dalam sambutannya, Akhirin memberi pesan dalam bekerja haruslah sesuai tupoksi, mau mengevaluasi, dan mau memperbaiki. “Dengan diadakannya acara diseminasi ini agar setiap unit kerja menyadari tanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan tinggi serta melakukan inovasi pembelajaran yang ideal untuk dilaksanakan di perguruan tinggi” imbuhnya dalam sambutan.   Diseminasi ini bertujuan agar unit kerja mampu memahami hasil monev PBM dan Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Institusi dalam pengembangan perguruan tinggi dan menyusun rencana tindak lanjut dari hasil monev. Acara ini dihadiri oleh pimpinan dari seluruh unit kerja dengan narasumber Kepala LPM, Miftah Arifin. Miftah menyampaikan Hasil Monev PBM Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017 dan Hasil Pengukuran Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Unisnu Jepara.   Monev PBM Semester Genap 2016/2017 Hasil Monev PBM Semester Genap 2016/2017 menunjukkan kecenderungan nilai mahasiswa yang naik dibandingkan dengan monev PBM semester genap tahun sebelumnya. Terjadi penurunan dan kenaikan presensi dosen di beberapa fakultas. Penilaian rata-rata mahasiswa terhadap kinerja dosen dalam mengajar adalah 4.02 (skala 1-5). Selengkapnya bisa dibaca pada artikel ini.   Monev Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Institusi   Monev layanan institusi telah selesai disempurnakan pada akhir November 2017. Survey Monev kepuasan layanan institusi dilaksanakan melalui pengisian kuesioner secara online yang telah terintegrasi dengan sistem informasi akademik mahasiswa (SIAMa). Sebanyak 4244 responden yang mengisi kuesioner adalah mahasiswa aktif dari seluruh program studi yang ada, baik jenjang strata 1 maupun strata 2. Tingkat kepuasan mahasiswa diukur melalui dimensi kualitas pelayanan yaitu aspek sarana prasarana (tangible), keramahan petugas dalam memberikan pelayanan (empahty), kemampuan petugas pelayanan meliputi daya tanggap (responsiveness), kepastian informasi dan proses (assurance), dan kehandalan (realiability).   Secara lengkap, berikut hasil pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap layanan Unisnu Jepara: [caption id="attachment_240" align="aligncenter" width="585"] Sumber : Data olahan SIAKAD UNISNU Jepara 2017[/caption]   Peserta yang hadir sangat antusias dan memberikan respon positif melalui kritik dan saran yang ditujukan kepada Ketua Lembaga Penjaminan Mutu. Dari diskusi yang terjadi saat pelaksanaan kegiatan diseminasi tersebut, Lembaga Penjaminan Mutu mendapat beberapa masukan antara lain : pentingnya upaya desiminasi ini agar dilaksanakan secara berkelanjutan dan aspek-aspek yang telah diidentifikasi dalam laporan monev harus menjadi bagian penting dari rencana tindak lanjut (RTL) unit pelaksana pelayanan kemahasiswaan dan bahan kajian dalam rapat tinjauan manajemen (RTM) unit kerja. RTL yang telah ditindaklanjuti dan dikaji dalam RTM unit kerja akan menjadi materi tinjauan dalam RTM universitas.   Untuk membaca secara lengkap, silahkan unduh laporan dengan klik link dibawah ini: Hasil Evaluasi Proses Belajar Mengajar Semester Genap Tahun 2016/2017 Hasil Monev Kepuasan Mahasiswa atas Layanan Unisnu Jepara Tahun 2017Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UNISNU Jepara menyelenggarakan diseminasi tentang Hasil Evaluasi Proses Belajar Mengajar (PBM) Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017 dan Monev Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Institusi. Kegiatan ini diadakan di Ruang Seminar Fakultas Sains dan Teknologi, 21/12/2017 lalu. Secara resmi diseminasi dibuka oleh Wakil Rektor I,  Drs. Akhirin, M.Ag.  Dalam sambutannya, Akhirin berpesan agar seluruh unit di lingkup Unisnu Jepara bekerja sesuai tupoksi, mau mengevaluasi diri, dan mau memperbaiki. “Dengan diadakannya diseminasi ini, seharusnya unit kerja menyadari tanggung jawab atas pekerjaannya, layanan yang diberikan, serta melakukan perbaikan sesuai hasil evaluasi yang disampaikan LPJM (LPM-Red), dan ndandani pekerjaan untuk Unisnu yang lebih maju,” imbuhnya dalam sambutan. Diseminasi ini bertujuan agar unit kerja mampu memahami hasil monev PBM dan Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Institusi dalam pengembangan perguruan tinggi dan menyusun rencana tindak lanjut dari hasil monev. Acara ini dihadiri oleh pimpinan dari seluruh unit kerja dengan narasumber Kepala LPM, Miftah Arifin. Miftah menyampaikan Hasil Monev PBM Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017 dan Hasil Pengukuran Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Unisnu Jepara. Monev PBM Semester Genap 2016/2017 Hasil Monev PBM Semester Genap 2016/2017 menunjukkan kecenderungan nilai mahasiswa yang naik dibandingkan dengan monev PBM semester genap tahun sebelumnya. Terjadi penurunan dan kenaikan presensi dosen di beberapa fakultas. Penilaian rata-rata mahasiswa terhadap kinerja dosen dalam mengajar adalah 4.02 (skala 1-5). Selengkapnya bisa dibaca pada artikel ini. Monev Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Institusi Monev layanan institusi telah selesai disempurnakan pada akhir November 2017. Survey Monev kepuasan layanan institusi dilaksanakan melalui pengisian kuesioner secara online yang telah terintegrasi dengan sistem informasi akademik mahasiswa (SIAMa). Sebanyak 4244 responden yang mengisi kuesioner adalah mahasiswa aktif dari seluruh program studi yang ada, baik jenjang strata 1 maupun strata 2. Tingkat kepuasan mahasiswa diukur melalui dimensi kualitas pelayanan yaitu aspek sarana prasarana (tangible), keramahan petugas dalam memberikan pelayanan (empahty), kemampuan petugas pelayanan meliputi daya tanggap (responsiveness), kepastian informasi dan proses (assurance), dan kehandalan (realiability).   Secara lengkap, berikut hasil pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap layanan Unisnu Jepara: [caption id="attachment_240" align="aligncenter" width="585"] Sumber : Data olahan SIAKAD UNISNU Jepara 2017[/caption]   Peserta yang hadir sangat antusias dan memberikan respon positif melalui kritik dan saran yang ditujukan kepada Ketua Lembaga Penjaminan Mutu. Dari diskusi yang terjadi saat pelaksanaan kegiatan diseminasi tersebut, Lembaga Penjaminan Mutu mendapat beberapa masukan antara lain : pentingnya upaya desiminasi ini agar dilaksanakan secara berkelanjutan dan aspek-aspek yang telah diidentifikasi dalam laporan monev harus menjadi bagian penting dari rencana tindak lanjut (RTL) unit pelaksana pelayanan kemahasiswaan dan bahan kajian dalam rapat tinjauan manajemen (RTM) unit kerja. RTL yang telah ditindaklanjuti dan dikaji dalam RTM unit kerja akan menjadi materi tinjauan dalam RTM universitas.   Untuk membaca secara lengkap, silahkan unduh laporan dengan klik link dibawah ini: Hasil Evaluasi Proses Belajar Mengajar Semester Genap Hasil Monev Kepuasan Mahasiswa atas Layanan Unisnu Jepara

Komentar



Berita Terkait