Hasil AMI 2022, Prodi Akuntansi Juara 1

Hasil AMI 2022, Prodi Akuntansi Juara 1

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) melaksanakan kegiatan Diseminasi Hasil Audit Mutu Internal (AMI) Tahun 2021/2022 pada hari Rabu, 31 Agustus 2022 di Ruang Seminar Lt.01 Gedung Pascasarjana Unisnu Jepara.

Kegiatan Diseminasi Hasil AMI ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Audit Mutu Internal TA 2021/2022 mempunyai rangkaian materi yang disampaikan: 1) Diseminasi Hasil Survey Kepuasan Mahasiswa TA. 2021/2022, 2) Diseminasi Hasil Monev PBM TA. 2021/2022, dan 3) Diseminasi Hasil AMI Tahun TA. 2021/2022 dan 4) Penyerahan Penghargaan AMI Tahun 2022. Kegiatan ini bertujuan memberikan informasi terkait hasil temuan dan nilai yang diperoleh program studi dalam pelaksanaan AMI serta yang terpenting penyampaian rekomendasi dari hasil temuan untuk ditindaklanjuti dimasing-masing unit kerja sebagai bentuk peningkatan dan perbaikan mutu. 

Rektor Unisnu Jepara, Dr. H. Sa'dullah Assa'idi, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan bahwa yang dilakukan LPM dalam hal diseminasi hasil audit dan evaluasi merupakan upaya quality assurance secara berkelanjutan (continuous improvement model) dalam lingkup internal belum eksternal. "Kita harus berusaha mengikuti alur dan aturan BAN PT yang bersifat dinamis maupun flexibel, untuk itu perguruan tinggi dituntut untuk melakukan perubahan" ujar beliau.

Beliau juga menambahkan jika sebuah perguruan tinggi memiliki orientasi unggul saat ini harus dibarengi dengan penambahan sumber daya terutama keuangan, misal: untuk beasiswa studi lanjut, untuk biaya publikasi internasional dalam peningkatan jafa maupun untuk menunjang luaran mahasiswa yang poinnya besar.

Kegiatan diseminasi dilaksanakan dengan 3 materi: 1) Diseminasi Hasil Survey Kepuasan Mahasiswa TA. 2021/2022, disampaikan oleh Noor Azizah, M.Kom. selaku Kepala Bidang Pengembangan SPM, beliau memaparkan bahwa kepuasan dosen tahun 2022 rata-rata 2,90 dan kepuasan tendik rata-rata 2,89 sedangkan rata-rata kepuasan mahasiswa pada layanan akademik mencapai 3,03. secara keseluruhan tingkat kepuasan sivitas akademika tahun 2022 mengalami peningkatan; 2) Diseminasi Hasil Monev PBM TA. 2021/2022, disampaikan oleh Musyafa', M.Ag selaku Kepala Bidang Monev Internal, beliau memaparkan bahwa rata-rata kepuasan mahasiswa terhadap proses belajar mengajar sebesar 4,10 (Puas); dan 3) Diseminasi Hasil AMI Tahun TA. 2021/2022 yang disampaikan oleh Yanto, S.E., M.Si. selaku Kepala LPM, beliau mejelaskan bahwa nilai AMI secara keseluruhan adalah 257 mengalami peningkatan dari tahun 2021 dengan hasil 242.

Diseminasi AMI juga memberikan penghargaan kepada 3 kategori: 1) Prodi Terbaik, dinilai dari hasil AMI tertinggi diraih oleh Prodi Akuntasi FEB dengan nila 325 predikat B (Baik Sekali), 2) UPPS Terbaik, dinilai dari rata-rata tertinggi hasil AMI program studi diraih oleh Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) dengan rata-rata 292 dan sebagai UPPS dengan perolehan nilai rata-rata prodi tertinggi selama 2 tahun terakhir, dan 3) Prodi Terkooperatif, dinilai dari ketepatan waktu mengirim instrumen, kooperatif saat audit lapang dan kelengkapan data dan dokumen AMI serta penilaian dari auditor, diraih oleh Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fadakom. Penyerahan penghargaan berupa Sertifikat dan Dana Prestasi dilakukan oleh  Wakil Rektor Bidang II Unisnu Jepara Dr. Aida Nahar, S.E., M.Si. Penghargaan AMI akan dilanjutkan untuk AMI di tahun berikutnya sebagai upaya untuk memotivasi program studi dan UPPS dalam mempersiapkan melaksanakan audit yang bermutu dan maksimal, dilengkapi dengan data dan dokumen yang shahih sehingga diharapkan dapat memberikan gambaran posisi sebagai upaya evaluasi diri menuju universitas yang unggul dan berdaya saing.


PPT Diseminasi Survey dan Monev PBM 2022

PPT Diseminasi AMI 2022