Kunjungi Unisnu Jepara, STAINU Temanggung Sinahu Akreditasi

Kunjungi Unisnu Jepara, STAINU Temanggung Sinahu Akreditasi

Bersiap melakukan akreditasi institusi dan program studi, Sekolah Tinggi Agama Islam NU (STAINU) Temanggung berkunjung ke Unisnu Jepara pada Sabtu, 12 Januari lalu. Rombongan dari STAINU Temanggung yang terdiri Pembantu Ketua III, Drs. Ahmad Munjid, M.S.I, Sekretaris Prodi Ekonomi Syariah, Fatmawati Sungkawaningrum M.S.I dan dua orang mahasiswa diterima oleh Kepala LPM Unisnu Jepara, Miftah Arifin, SH., M.Kn di ruang seminar rektorat. Abdul Munjid menuturkan bahwa tujuan kunjungannya adalah untuk menggali lebih dalam hal-hal yang harus dipersiapkan dalam menghadapi akreditasi institusi dan juga prodi. "Sebagai institusi yang sudah lebih dulu akreditasi dengan hasil yang baik, kami harap Unisnu Jepara mau membagi tips untuk kami yang sedang sinahu." 


Pada kesempatan ini, Miftah Arifin menjelaskan tentang pentingnya penguatan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sebelum berbicara tentang akreditasi. "Kelemahan kita (PTNU - Red) adalah tidak mengawal dengan baik SPMI sehingga agak tergagap ketika dihadapkan dengan akreditasi. Oleh karena itu, mari mulai sekarang kita (PTNU) bersinergi untuk bisa melaksanakan SPMI dengan baik. Setidaknya kita patuh kaidah PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan) pada standar nasional perguruan tinggi." tuturnya. Miftah juga merinci secara umum apa yang harus disiapkan untuk masing-masing standar pada instrumen akreditasi. 


Senada dengan Munjid, Fatmawati juga berharap ada kerjasama yang bisa dilakukan antara Unisnu Jepara - STAINU Temanggung yang ditindaklanjuti oleh Prodi Ekonomi Syariah. " Harapannya setelah ini, kita bisa melakukan kerjasama dan syukur kalau nanti bisa didampingi Unisnu dalam proses akreditasi." Didampingi oleh Kabag. Monev Internal Yanto, SE., M.Si dan Yunita Rahma(Staf LPM), Miftah menyatakan Unisnu Jepara yang juga termasuk tim penyusun pedoman SPMI untuk PTNU seluruh Indonesia yang diinisiasi oleh LPTNU menyambut baik usulan coaching dan pendampingan akreditasi untuk bersama-sama meningkatkan kualitas PTNU. Diskusi yang berlangsung dua arah dan dinamis itu diakhiri dengan komitmen bersama bahwa PTNU harus semakin baik ke depannya. STAINU Temanggung akan membawa hasil diskusi ke rapat manajemen perguruan tinggi dan menyusun rencana kerjasama lanjutan dengan Unisnu baik kerjasama secara umum ataupun pendampingan akreditasi. (YR).


Admin Unisnu

Komentar