Bertekad naik peringkat, LPM dampingi Prodi TI dan BP FST

Bertekad naik peringkat, LPM dampingi Prodi TI dan BP FST

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) melakukan pendampingan dalam persiapan pengajuan akreditasi IAPS 4.0 dengan 9 kriteria pada Prodi Teknik Industri dan Prodi Budidaya Perairan Fakultas Sains dan Teknologi Unisnu Jepara bertempat di Ruang Seminar Lt.02 Gedung FST, pada Rabu (08/12/2021).

Kegiatan pendampingan tersebut merupakan hasil koordinasi antara LPM, Prodi TI dan Prodi BP mengingat masa akreditasi kedua prodi tersebut tinggal 11 bulan lagi, sehingga kalau pengajuan akreditasi maksimal pada H-6 bulan atau pada bulan Maret 2022. Selain itu juga peringkat akreditasi kedua prodi tersebut masih C. Maka, meskipun terdapat Permendikbud No. 05 Tahun 2020 yang menyebutkan penetapan akreditasi tanpa pengajuan dan melalui IPEPA, Ketua Prodi TI dan BP menginisiasi kegiatan pendampingan dalam rangka pengajuan akreditasi  4.0 dengan 9 kriteria untuk meningkatkan nilai dan peringkat akreditasi dari C ke peringkat B. LPM menyambut baik inisiatif dari unit kerja yang menunjukkan kepedulian pimpinan terhadap keberlangsungan institusi melalui akreditasi.

Ketua Prodi Teknik Industri, Gunawan Mohammad, S.T, M.T. dalam sambutannya, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya dan tekad bersama antara ketua prodi bersama dosen prodi untuk meningkatkan peringkat akreditasi dari C ke B, sehingga membutuhkan pendampingan intensif dari LPM untuk melihat peluang prodi dapat atau tidaknya meningkatkan nilai mengingat syarat akreditasi 9 kriteria lebih banyak bertumpu pada ouput dan outcome.

Kepala LPM, Yanto, S.E., M.Si. dalam penyampaian materi, menjelaskan perbedaan instrumen 3.0 dan 4.0 serta indikator-indikator penilaian pada APS 4.0 dengan 9 kriteria. “Instrumen 9 kriteria sangat berbeda dengan 7 standar, mulai dari dokumen yang disiapkan adalah LKPS dan LED, jumlah halaman LED terbatas 150 halaman, berbasis ouput dan outcome, serta terdapat syarat perlu peringkat dan syarat perlu peringkat akreditasi selaian nilai akreditasi”  ujarnya.

Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua Prodi Teknik Industri, Ketua Prodi Budidaya Perairan, Dosen Prodi Teknik Industri, Dosen Prodi Budidaya Perairan dan jajaran LPM ini diharapkan menjadi semangat awal kedua prodi dan tetap konsisten dalam penyusunan instrumen APS 4.0 dengan terget peningkatan nilai dan peringkat akreditasi menuju (B) Baik Sekali.


Admin LPM

Komentar