Auditor Siap Sukseskan AMI 2022

Auditor Siap Sukseskan AMI 2022

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Auditor untuk melaksanakan Audit Mutu Intrenal (AMI) Prodi TA. 2021/2022 bertempat di Ruang Seminar Lt.01 Gedung Pascasarjana, pada Rabu (8/06/2022).

Kegiatan yang dihadiri oleh para Tim Auditor yang berjumlah 12 orang ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan gambaran jelas terkait konsep pelaksanaan Audit Lapang (AL) AMI Prodi TA. 2021/2022, penyamaan persepsi isian instrumen serta teknis tanya jawab oleh auditor. Bimtek ini merupakan upaya yang dilakukan LPM untuk membekali para auditor sebelum para auditor melakukan proses audit lapang AMI untuk konfirmasi data dan isian auditee. Hasil AL nanti akan dijadikan bahan penyusunan laporan hasil AMI Prodi dan akan didiseminasikan kepada pimpinan dalam Rapat Tinjauan Manajemen (RTM). Terdapat tiga agenda dalam kegiatan ini: 1) Penjelasan Teknik Audit Lapang, 2) Penjelasan dan Penyamaan Persepsi Instrumen UPPS dan 3) Penjelasan dan Penyamaan Persepsi Instrumen Prodi. Selain itu, dalam kesempatan tersebut auditor juga menerima surat tugas dan id card sebagai tanda nama auditor  sebagai syarat pelaksanaan audit ke lapangan.

Kepala LPM, Yanto, S.E., M.Si. menjelaskan bahwa auditor harus netral dan profesional dalam melaksanakan tugasnya.“Auditor harus bersikap netral dan profesional dan wajib memberikan laporan hasil audit yang objektif  serta menulis kesimpulan dan rekomendasi secara valid dan dapat dipercaya”  ujarnya. Beliau juga menambahkan bahwa auditor harus memiliki tiga sikap: 1) Amanah, 2) Independen, tidak memihak, 3) Kompeten, terampil, ahli dan cermat terhadap tugas sebagai auditor. 

Audit mutu internal merupakan upaya peningkatan mutu bukan penilaian. Dengan demikian baik auditor maupun teraudit (auditee) duduk pada sisi yang sama yaitu sisi untuk meningkatkan mutu institusi. Dengan demikian Audit mutu merupakan kegiatan yang perlu dilakukan secara internal dengan kesadaran dan kemauan dari dalam institusi. Hasil dari audit (assemen lapangan) berupa temuan dan rekomendasi perbaikan kinerja yang akan ditindaklanjuti baik pimpinan maupun unit kerja terkait dalam rangka menuju Unisnu Jepara bermutu dan berdaya saing.

 



Admin LPM

Komentar