Audit UPT Aswaja, Perkuat Ikon UNISNU Jepara

Audit UPT Aswaja, Perkuat Ikon UNISNU Jepara

Lembaga Penjaminan Mutu Unisnu Jepara melakukan diseminasi hasil Audit UPT Aswaja T.A 2019/2020 pada Selasa, 9 Februari 2021 di Ruang Seminar Rektorat Lt.1 Unisnu Jepara.

Kegiatan diseminasi ini dihadiri oleh pimpinan universitas,dan fakultas, serta pimpinan unit terkait, yaitu Rektor, Wakil Rektor, Kepala Lembaga, Direktur Pascasarjana, Dekan Fakultas, dan Kepala UPT Aswaja Unisnu Jepara. Berjalan dengan kondusif, kegiatan ini merupakan upaya tindak lanjut hasil Audit Aswaja T.A 2019/2020 yang telah dilaksanakan pada Kamis, 16 Juli 2020 oleh Lembaga Penjaminan Mutu sebagai pihak Auditor, dan UPT Aswaja sebagai auditee.

Dr. H. Sa'dullah Assaidi, M.Ag selaku Rektor Unisnu Jepara memberikan  arahan terkait hasil Audit ini, bahwa hasil diseminasi hasil audit ini, berbicara mengenai tata laksana manajemen UPT Aswaja. Aswaja disini diharapkan menjadi lekatan. Aswaja di Unisnu merupakan suatu aswaja turunan dari NU. Tata kelola UPT Aswaja, yang dibahas Aswaja itu apa? Masuk di Unisnu belum ada ruh NU ? ini harusnya peran Aswaja Unisnu ada di depan. Saat ini islam liberalisme melanda kalangan anak muda, alhamdulillah NU mempunyai ulama yang dapat diikuti oleh kalangan anak muda NU. Kriteria ulama di Unisnu juga berfikiran pada ilmu, ibadah dan arif, bukan hanya ketajaman qolbi tapi juga ruhaniyah. Maka dari itu, hal-hal keagamaan harus dikembangkan, diantaranya berjanji, isthigoshah, pengajian dan khataman namun yang paling penting wacana keilmuan aswaja, pungkasnya.

Rektor juga menambahkan, “Aswaja perlu hakikat yaitu nasihat. Hakikat menjadi wacana aswaja. Dari hal itulah dirumuskan 8 hal yang meliputi: Sanad, Prinsip dasar/usul, Dalil, Metoda/ manhaj, Kaidah, Muttafiqoh/ terpercaya, Open (terbuka), dan Makhdumah (tempat terpelihara). Dari beberapa hal ini dapat diaudit dalam aswaja. Dari hal tersebut dalam dikembangkan.”

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Dr. Aida Nahar, S.E., M.Si. dalam kesempatan ini memaparkan hasil Audit UPT Aswaja disertai dengan beberapa rekomendasi yang diharapkan dapat ditindaklanjuti dengan sebaik-baiknya. “Audit UPT Aswaja dilakukan guna mengetahui kelengkapan dokumen kelembagaan, mengetahui pelaksanaan tupoksi, dan mengetahui kesesuaian program kerja dengan tupoksi serta realisasi progja kerja UPT Aswaja Unisnu Jepara. Hasil audit menunjukkan bahwa perlu adanya pelengkapan dokumen kelembagaan, terutama pada pedoman An-Nahdliyah yang dapat dijadikan pedoman bagi mahasiswa UNISNU Jepara dalam menjalankan amalan-amalan An-Nahdliyah”, tuturnya.

Pada kegiatan Diseminasi Hasil Audit UPT Aswaja disampaikan pula penilaian beserta temuan-temuan yang ada terkait dengan pelaksanan program kerja UPT Aswaja T.A 2017/2018, T.A 2018/2019, dan T.A 2019/2020. Berdasarkan penilaian tersebut, diketahui bahwa program kerja memperoleh beragam penilaian mulai dari sangat sesuai, sesuai, cukup sesuai, dan tidak sesuai. Indikator penilaian tersebut ditetapkan oleh auditor. Terkait dengan tupoksi, UPT Aswaja dalam melaksanakan program kerja telah mengacu pada tugas  pokok dan fungsi. Namun dalam implementasi program kerja, beberapa program kerja masih belum sesuai dengan tugas pokok dan fungsi UPT ASWAJA.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari hadirin. Berbagai dukungan dan masukan didapat demi perbaikan UPT Aswaja yang menjadi Icon Unisnu sebagai uiversitas NU. “Budaya mutu kini telah menjadi tren bahkan kemutlakan untuk setiap perguruan tinggi. Kegiatan ini dapat digunakan dalam rangka peningkatan kinerja UPT Aswaja. Berbicara mengenai UPT Aswaja, Saya teringat statement Gus Mus yang menyatakan bahwa . Unisnu harus menjadi pelopor aswaja dan NU tingkat nasional sehingga ketika ada permasalahan NU ya merujuk ke Unisnu. Maka dari itu, UPT Aswaja Unisnu melihat kesana. Proses dalam membuat progja yang benar-benar ada ruh aswaja di dalamnya.”, ungkap Drs. H. Hendro Martojo, M.M. selaku Wakil Rektor II Unisnu.

Pada sesi akhir kegiatan ini, ditutup dengan penyampaikan komentar oleh Ir. Adi Sucipto, M.Kom. yang bertindak sebagai Ketua UPT Aswaja, bahwa UPT Aswaja selanjutnya siap melakukan perbaikan demi perbaikan sesuai dengan rekomendasi yang ada.  

Diketahui bahwa kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan. Harapannya kegiatan audit UPT Aswaja dan Diseminasi Hasil Audit dapat dilakukan secara kontinyu dari tahun ke tahun, sebagai langkah konkret dalam melakukan perbaikan, hingga mampu menjadikan UPT Aswaja sebagai tonggak pelaksanaan nilai-nilai Aswaja di Unisnu Jepara. 


Admin LPM

Komentar