Audit Biro, 3 Hari LPM Visitasi Lapang

Audit Biro, 3 Hari LPM Visitasi Lapang

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) melaksanakan kegiatan visitasi atau asesmen lapangan (AL) Audit Mutu Internal (AMI) Biro Bidang I, II dan III Tahun Akademik 2021/2022 bertempat di Ruang Kantor Biro, pada Selasa-Kamis (18-20/01/2022).

Kegiatan visitasi atau yang dikenal dengan proses asesmen lapangan (AL) merupakan rangkaian kegiatan dalam pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) Biro Bidang I, II dan III Tahun Akademik 2021/2022. Kegiatan AL bertujuan untuk klarifikasi atas isian unit kerja pada instrumen audit. Hasil klarifikasi berupa temuan dan rekomendasi serta hasil penilaian terhadap masing-masing indikator sesuai rentang penilaian yang telah ditentukan. Hasil-hasil tersebut kemudian oleh auditor dikompilasi dalam sebuah laporan sebagai bahan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dan bahan tindak lanjut masing-masing unit kerja. Kegiatan AL berlangsung selama 3 (tiga) hari kerja mulai hari selasa, 18 Januari 2022 sampai hari kamis, 20 Januari 2022 dengan dihadiri oleh Kepala Biro, Kepala Bagian dan staf pelaksana Biro secara lengkap.

Auditor yang bertugas dalam kegiatan asesmen lapangan berjumlah 6 (enam) dengan pembagian masing-masing Biro di lakukan audit oleh 2 (dua) auditor. Auditor yang ditugaskan sesuai SK Rektor 166/SK/UNISNU/XI/2021 dan Surat Tugas LPM diantaranya: Noor Azizah, M.Kom. dan Santi Andriyani, S.Pd.I., M.Pd. mengaudit Biro Bidang I, Yanto, S.E., M.Si. dan Nina Sofiana, M.Pd. mengaudit Biro Bidang II serta Musyafa’, S.H.I., M.Ag. dan Khalimatus Sa’diyah, M.Pd.I. bertugas mengaudit Biro Bidang III.

Kepala LPM Yanto, S.E., M.Si. dalam pembukaan kegiatan asesmen lapangan Biro menyampaikan bahwa tujuan asesmen lapangan Biro bukan mencari kesalahan auditee namun sebgai bahan klarifikasi isian auditee “Kegiatan AL bukan untuk mencari-cari kesalahan auditee, tetapi visitasi digunakan untuk mencari kesesuaian antara pernyataan auditee dalam instrumen yang telah terisi dengan kondisi lapangan sehingga menghasilkan temuan dan rekomendasi sebagai bahan tindak lanjut dan perbaikan unit kerja serta bentuk implementasi dari siklus PPEPP, sehingga semua evaluasi di internal termasuk audit tidak selesai pada siklus ketiga Evaluasi (E) tapi berlanjut pada Pengendalian (P) dan Peningkatan (P)” ujar beliau.

Asesmen lapang ditutup dengan penandatanganan Berita Acara yang telah disiapkan LPM oleh auditee (Kepala Biro), auditor yang bertugas dan mengetahui Kepala LPM. AMI Biro bukan untuk memberikan penilaian tetapi bertujuan dalam upaya peningkatan mutu melalui penyusunan temuan-temuan dan rekomendasi dari auditor dalam pelaksanaan asesmen lapangan. Diharapkan rekomendasi yang disusun dalam laporan dan akan didiseminasikan nanti dapat ditindaklanjuti oleh semua pihak terkait sebagai bentuk pengendalian dan peningkatan dalam siklus PPEPP yang efektif dan efisien menuju Unisnu Jepara unggul.





Admin LPM

Komentar