Perdana, PGSD Visitasi Daring APS 9 Kriteria

Perdana, PGSD Visitasi Daring APS 9 Kriteria

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) melakukan pendampingan visitasi asesmen lapangan secara daring akreditasi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Ruang Rapat Lt.03 Gedung FTIK, pada Rabu s.d. Kamis (22-23/12/2021).

Prodi PGSD sudah berdiri sejak tahun 2016 dan mengajukan akreditasi ulang pada November 2020 dengan instrumen akreditasi 9 (sembilan) kriteria. Dalam prosesnya, PGSD sudah melakukan revisi dokumen terkait penambahan data yang disesuaikan TS (TA. 2019/2020) dimana TS sebelumnya TA. 2018/2019, sehingga pada bulan Maret 2021, PGSD melakukan penambahan data dan menggunggah dokumen akreditasi TA. 2019/2020 untuk ketiga kalinya pada Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) BANPT.

Berdasarkan surat BANPT Nomor: 3670/BAN-PT /SPT-AK/P/2021 tanggal 16 Desember 2021 menyatakan bahwa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) pada program S1 Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara dinyatakan lolos ke tahap asesmen lapangan yang dilaksanakan secara daring pada tanggal 22 Desember 2021 s.d. 23 Desember 2021. Pelaksanaan kegiatan visitasi dilakukan secara daring sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19, sesuai dengan Panduan Asesmen Lapangan Secara Daing BANPT Tahun 2020. Dalam surat tugas, BANPT menugaskan 2 (dua) asesor yaitu Dr. Ocih Setiasih,M.Pd. - Universitas Pendidikan Indonesia dan Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd - Universitas Negeri Padang untuk melaksanakan asesmen lapangan untuk Prodi PGSD Unisnu Jepara.

Erna Zumrotun, M.Pd selaku ketua prodi PGSD dalam sambutan pembukaan kegiatan visitasi, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh semua pihak di PGSD, karena kegiatan visitasi ini dapat memberikan kepastian nilai akreditasi prodi “kegiatan visitasi ini merupakan kabar gembira bagi kami, mahasiswa dan stakeholder, karena dengan visitasi AL ini dapat memberikan kepastian nilai dan peringkat akreditasi prodi PGSD” ungkapnya.

Dr. Ocih Setiasih,M.Pd. - Universitas Pendidikan Indonesia, selaku asesor BANPT mengucapkan selamat kepada Prodi PGSD karena sudah dinyatakan lolos asesmen kecukupan dan layak di asesmen lapangan. Beliau juga menambahkan bahwa kegiatan AL bukan memberikan penilaian tetapi lebih kepada klarifikasi tim akreditasi baik UPPS maupun prodi terhadap data yang disampaikan di LKPS dan LED PGSD. Dalam penutupan acara, beliau juga menegaskan bahwa penilaian akreditasi dengan instrumen 9 (sembilan) kriteria terdapat syarat terakreditasi dan syarat perlu peringkat “semoga hasil yang keluar nanti dapat maksimal sesuai harapan PGSD, secara keseluruhan penyajian data dan dokumen pendukung sudah bagus namun perlu diingat bahwa prodi PGSD merupakan prodi baru jadi memang perlu perbaikan dan peningkatan mulai dari kualifikasi dosen sampai luaran terutama mahasiswa” tambah beliau sebelum menutup kegiatan asesmen lapangan daring pada hari kedua.

Hasil dari asesmen lapangan daring berupa Berita Acara dan Rekomendasi Pembinaan, jadi diharapkan kepada semua pihak mulai dari pimpinan universitas, pimpinan fakultas, pengelola penjaminan mutu, pimpinan prodi dan semua dosen dapat memperhatikan serta menindaklanjuti rekomendasi hasil asesmen lapangan, sehingga siklus PPEPP tidak hanya selesat pada evaluasi, tetapi berlanjut pada pengendalian dan peningkatan yang mencerminkan budaya mutu menuju Unisnu Jepara unggul. 


Admin LPM

Komentar